Wednesday 26 June 2013

Bersama CR7 dan Martunis, SBY Tanam Bakau di Tahura Bali



Presiden SBY, Ibu Ani, dan Cristiano Ronaldo melakukan tanam pohon di Tanjung Benoa, Badung, Bali, Rabu (26/6) pagi. (foto: abror/presidenri.go.id)

Badung, Bali: Mengenakan kaos polo putih berlengan pendek bertuliskan 'Save the Mangrove, Save the Earth', Presiden Susilo Bambang Yudhyono dan Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono menghadiri acara sebagaimana tertulis di kaos tersebut, di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Tanjung Benoa, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (26/6) pagi. Indonesia adalah pemilik keanekaragaman hutan tropis terbesar dunia, salah satunya hutan bakau ataumangrove.

Acara ini juga dimaksudkan untuk mengajarkan kepada generasi muda untuk peduli kepada hutan bakau.

"Tanah air kita luas, hutan kita luas, hutan bakaunya 3,7 juta hektar. Mari kita jaga dan rawat. Mari tanam dan pelihara supaya subur dan kembali lingkungan Indonesia menjadi baik," kata Presiden SBY dalam sambutan singkatnya.

Kepala Negara senang dan bangga dengan Bali yang sadar lingkungan. "Di Bali saya senang semangat menanam dan menghijaukan. Saya Bangga. Saya ingin seluruh Indonesia semangatnya sama," ujar SBY.

Acara ini dimeriahkan dengan kehadiran bintang sepakbola asal klub Real Madrid Cristiano Ronaldo. Pria Portugal berjuluk CR7 ini adalah Duta Peduli Mangrove Bali. Hadir pula Martunis, bocah korban selamat dari tsunami Aceh pada 2004 lalu. Martunis mendapat perhatian dan menjadi inspirasi CR7 sehingga ia mau menjadi Duta Forum Peduli Mangrove Bali.

Mengenai acara ini, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dalam laporannya menjelaskan bahwa bakau memiliki keistimewaan dibanding pohon-pohon lain. Ia bisa hidup di dalam air dengan kadar garam yang tinggi. Akar dan batangnya yang kuat mampu mencegah tsunami, angin kencang, ombak ganas, dan abrasi.

"Bagi aspek ekologi, mangrove juga menjadi filter polusi dari air laut dan udara, serta menjadi habitat tempat berkembag biaknya biota laut," Zulkifli Hasan menjelaskan.

Pada kesempatan ini, Menko Perekonomian Hatta Rajasa menyerahkan bibit bakau kepada lima kelompok masyarakat. Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo menyerahkan alat pengolah buah bakau, serta Menteri Lingkungan Hidup Balthazar Kambuaya menyerahkan alat pencacah sampah kepada pengelola Tahura Ngurah Rai.

Cristiano Ronaldo sendiri menerima sertifikat sebagai Duta Forum Peduli Mangrove Bali dari Menhut Zulkifli Hasan. "Saya mengucapkan terima kasih pada Bapak Presiden dan Ibu Negara. Saya senang sekali datang ke Indonesia dan saya harap peran saya di Bali dapat memberikan dorongan dan inisiatif untuk menyelamatkan hutan bakau," ujar CR7.

Di akhir acara, Presiden SBY, Ibu Ani, dan Ronaldo secara simbolis menanam pohon bakau di pinggir pantai. Hadir pula dalam acara ini Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono



Sumber : http://presidenri.go.id/index.php/fokus/2013/06/26/9169.html





0 Comment(s):